Minggu, 29 Maret 2015

Apa kabar sobat blogger, kali ini saya akan membahas kembali salah satu perusahaan e-Commerce. Di postingan sebelumnya kita telah membahas salah satu perusahaan e-Commerce yaitu Rakuten. Dan pada postingan kali ini kita akan membahasa perusahaan e-Commerce tokopedia. Dan untuk mempersingkat waktu, kalian bisa langsung simak ulasannya di bawah ini.

tokopedia.com

Tokopedia.com adalah salah satu website E-commerce terbesar di Indonesia yang dimiliki dan dijalankan oleh PT. Tokopedia. Tokopedia menyediakan sarana penjualan dari kustomer-ke-kustomer dimana siapa pun bisa membuka toko online yang melayani calon pembeli dari seluruh Indonesia. User, yang kerap disebut tokopediawan, bisa menjual barang baru maupun bekas melalui Tokopedia (walaupun mayoritas produk yang dijual di Tokopedia adalah barang baru yang dijual pada harga yang sudah ditentukan).

Sejarah

Tokopedia menerima pendanaan awal sebesar Rp. 2,5 miliar dari PT. Indonusa Dwitama (anak perusahaan dari Nusapati Group) yang merupakan perusahaan investasi di bidang tambang boksit, penanaman kelapa sawit, toko daring, trading dibidang minyak & energi serta jasa keuangan pada Februari 2009. Saat masih dalam versi "tertutup" dimana pengguna hanya   berdasarkan undangan, Tokopedia memenangkan BubuAwards 2009 dengan kategori “Corporate Awards E-Commerce Category”
Tokopedia menerima dana investasi lebih lanjut dari East Ventures, perusahaan yang berbasis di Singapura yang fokus terhadap investasi kepada bisnis internet yang sedang berkembang. Tokopedia mempunyai 56,538 pengguna terdaftar, 5,984 toko daring, dan 115,617 produk yg ditawarkan (per tanggal 01 November 2010). Selama periode Agustus 2009 hingga Agustus 2010, Tokopedia membukukan total transaksi sebesar hampir 6 miliar rupiah.

Fitur

  • JNE Online Booking (JOB)
Untuk semakin memudahkan proses pengiriman, Tokopedia mendukung sistem resi otomatis untuk pengiriman menggunakan JNE. Dengan fitur ini, penjual tidak perlu lagi repot untuk memasukkan nomor resi secara manual. Saat mengirimkan pesanan, penjual hanya perlu membawa kode booking yang diterima saat pesanan masuk, dan nomor resi otomatis akan masuk ke akun penjual maupun pembeli.
  • User Management/Pengaturan Admin
User Management atau Pengaturan Admin merupakan fitur berbayar yang disediakan oleh Tokopedia bagi Anda yang memiliki toko dengan penjualan yang tinggi dan sering kewalahan mengelola toko sendiri. Dengan menggunakan fitur ini, Anda bisa menambahkan beberapa orang (maksimal 10 orang) sebagai admin toko Anda.
  • Tokopedia TopAds
TopAds adalah fitur yang ditawarkan oleh Tokopedia untuk mempromosikan toko ataupun produk dari toko Anda, serta memungkinkan toko dan produk yang Anda jual dapat dilihat dan dibeli oleh lebih banyak pembeli di Tokopedia.
  • Pusat resolusi tokopedia
Pusat Resolusi adalah fitur yang disediakan oleh Tokopedia untuk memfasilitasi penyelesaian masalah transaksi antara pembeli dan penjual. Tokopedia menjamin keamanan transaksi Anda dengan menahan dana pembayaran agar tidak langsung diteruskan ke penjual hingga masalah selesai. Jika terjadi masalah dengan pesanan, pembeli bisa membuka Komplain melalui Pusat Resolusi dengan menjelaskan pokok masalah dan menawarkan solusi awal pemecahan masalah (pengembalian dana sebagian, tukar barang dan sebagainya). Penjual yang aktif akan segera merespon komplain Anda. Namun jika masih belum menemui solusi yang tepat, Anda bisa meminta bantuan kepada Tokopedia dengan mengklik tombol "Bantuan" setelah 5 hari berdiskusi dengan penjual.
  • Gold Merchant
 fitur tambahan berbayar yang kami sediakan untuk para penjual dan dapat memberikan kemudahan bagi penjual dalam mengelola toko onlinenya. Fasilitas tambahan yang tersedia jika berlangganan Gold Merchant ini antara lain: informasi toko fisik pada katalog, perhitungan kurs dollar, penambahan admin untuk membantu mengelola toko, shop notes di halaman produk dan halaman depan toko yang memudahkan pembeli mendapatkan informasi tentang toko maupun produk Anda, serta tersedia pengurutan produk berdasarkan "Gold Merchant".

Kelebihan dan Kekurangan

Kelebihan

  • Keamanan dan Kenyamanan
Kuncinya mungkin ada di keamanan dan kenyamanan transaksi, baik penjual atau pembeli sama-sama diuntungkan, calon pembeli tidak langsung transfer ke rekening penjual tapi terlebih dahulu transfer ke rekening Tokopedia. Penjual lalu akan diberi info bila ada order masuk. Setelah barang dikirim   (hanya via JNE), penjual memasukan no resi JNE ke web Tokopedia. Ada system tracking otomatis di Tokopedia, jadi penjual dan pembeli bisa sama-sama memantau posisi paket. Apabila barang telah diterima pembeli, dan    pembeli sudah konfirmasikan penerimaan barang, baru deh penjual dapat tarik deposit uang hasil penjualannya.
  • Data Transaksi dan Testimoni
 Setiap transaksi akan dicatat oleh Tokopedia, berapa jumlah transaksi suatu toko dan berapa jumlah produk yg sudah ia jual. Hal ini  penting untuk meningkatkan kepercayaan pada toko dan produk yg ia jual. Calon   pembeli mungkin akan mengurangi keraguannya terhadap satu toko yang telah    banyak menjual barang, dan juga keraguan pada satu produk kalau produk tersebut telah banyak terjual. Setiap transaksi yg berhasil, pembeli diberikan jatah untuk mengisi testimonial, testimoni ini juga yg sedikitnya akan mempengaruhi calon konsumen terhadap suatu toko dan produk yg ia         jual.

Kekurangan

  • Ketersediaan Stock
Karena di Tokopedia tidak ada sistem booking dan semua akad jual-beli diatur oleh sistem, sedikit menyulitkan untuk beberapa produk yang stok-nya hanya sedikit.
  • Akurasi Ongkir
Karena di Tokopedia tidak ada sistem booking dan semua akad jual-beli diatur oleh sistem, sedikit menyulitkan untuk beberapa produk yang stok-nya hanya sedikit. 
  • Belum ada dukungan online payment seperti Credit Card, Paypal, dan sebagainya

0 komentar:

Posting Komentar