Minggu, 29 Maret 2015
Pagi sobat bloger. Pasti sudah tidak asing lagi dengan namanya kartu magnetik. Sebuah kartu yang digunakan hampir tiap hari oleh orang-orang di seluruh dunia untuk berbagai kebutuhan. Nah untuk itu, untuk lebih memahami apa sebenarnya kartu magnetik itu, maka langsung saja kita bahas pada postingan kali ini.


Kartu Magnetik


Kartu magnetik adalah jenis kartu yang mampu menyimpan data dengan memodifikasi magnet yang kecil berbasis besi partikel magnetik pada pita bahan kartu magnetik. Pita bahan kartu magnetik disebut juga magnetic stripe.

Magnetic Card ini biasanya dipakai sebagai kartu ATM, kartu Kredit, kartu absen bagi suatu perusahaan, presensi siswa/mahasiswa di sekolah/kampus, kartu akses hotel / access key-lock, membership card / kartu member langganan, kartu diskon / discount card, juga untuk keperluan lainnya. 

Pertama kali diciptakan oleh IBM pada tahun 1960 di bawah kontrak dengan pemerintah AS untuk sistem keamanan, sejumlah organisasi internasional standardisasi  standar ISO / IEC 7810, ISO / IEC 7811, ISO / IEC 7812, ISO / IEC 7813, ISO / IEC 8583 dan ISO / IEC 4909,yang mendefinisikan sifat fisik kartu, termasuk ukuran, fleksibilitas, lokasi, karakteristik magnetik magstripe, dan format data. Mereka juga menyediakan standar untuk kartu keuangan, termasuk alokasi rentang nomor kartu ke kartu yang berbeda.

Magnetic stripe ini memiliki dua jenis tipe yaitu :
  • Magnet LoCO (low-coercivity
 LoCO adalah nilai koefisiensi yang rendah dari suatu media magnetik yaitu antara 250 - 600 Oe (ISO 7811-2). Warna stripe adalah coklat.
  • Magnet HiCO (high-coercivity
HiCO adalah nilai koefisiensi yang tinggi dari suatu media magnetik yaitu antara 2500 - 4000 Oe (ISO 7811-6). Warna stripe adalah hitam.

Kedua tipe magnetik tersebut dipakai sesuai kebutuhan. Kalau ATM, CREDIT-CARD atau kartu lainnya yang dipakai untuk jangka waktu lama dan digunakan berulang-ulang maka magnet yang digunakan biasanya HICO. Tapi kalau untuk Kartu Hotel, ACCESS KEY-LOCK atau kartu lainnya yang dipakai untuk jangka waktu terbatas (singkat) bahkan hanya untuk sekali pakai saja, maka magnet yang digunakan biasanya LOCO.

Contoh Produk Kartu Magnetik

  • Kartu Debit
  • Kartu Kredit
  • Kartu Kunci Hotel
  • Kartu Member
  • Kartu Mahasiswa
  • Kartu Absensi

0 komentar:

Posting Komentar