Minggu, 08 Maret 2015

Apa kabar sobat blogger! Sudah lama nih saya tidak posting. Pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai salah satu perusahaan yang sudah menerapkan e-Commerce pada bisnisnya. Mungkin kalian sudah tahu nama perusahaannya sendiri dari judul diatas.

Rakuten.co.id adalah toko online yang terkenal dengan berbagai macam barang unik dari jepang dengan harga terjangkau atau murah. toko online Rakuten adalah toko online yang didirikan oleh Rakuten, Inc. online Shopnig Mall No.1 di Jepang. 

Sekilas Tentang Perusaahan Rakuten

  • Rakuten, Inc

Rakuten, Inc. (楽天株式会社 Rakuten Kabushiki-kaisha?) (JASDAQ: 4755) adalah sebuah perusahaan internet dan perdagangan elektronik Jepang yang berpusat di Tokyo, Jepang.

Hiroshi Mikitani mendirikan perusahaan ini pada bulan Februari 1997 sebagai MDM, Inc dan berperan sebagai CEO. Rakuten Shopping Mall (楽天市場 Rakuten Ichiba?) mulai beroperasi pada Mei 1997. Pada bulan Juni 1999, perusahaan ini berganti nama menjadi Rakuten, Inc. Dalam bahasa Jepang rakuten berarti optimisme.

Pada tahun 2012, pendapatan perusahaan mencapai US$ 4,7 miliar dengan laba usaha sekitar US$ 770 juta. Pada Juni 2013, Rakuten, Inc melaporkan memiliki total 10.351 karyawan di seluruh dunia.

Pada tahun 2005, Rakuten mulai berkembang di luar Jepang, terutama melalui akuisisi dan usaha patungan. Akuisisinya meliputi Buy.com (sekarang Rakuten.com di AS), PriceMinister (Perancis), Ikeda (sekarang Rakuten Brasil), Tradoria (sekarang Rakuten Deutschland), Play.com (UK), Wuaki.tv (Spanyol), dan Kobo Inc (Kanada). Perusahaan ini memiliki investasi di Pinterest,  Ozon.ru, AHA Life, dan Daily Grommet.
  • Rakuten.co.id
Di Indonesia, Rakuten resmi di buka oleh Hirosi Mitikani dan Hary Tanoesoedibjo selaku CEO dari masing-masing perusahaan (Rakuten, Inc & MNC Group). Perusahaan ini menjual berbagai macam produk dan mencakup semua kalangan, baik muda ataupun tua, wanita maupun pria, semuanya ada di sini.

Mulai dari Fashion, kebutuhan rumah tangga, elektronik, Busana Muslim, Mainan, Makanan, Minuman, otomotif, sampai popok untuk bayi pun ada dan masi banyak lagi produk-produk dengan harga terjangkau lainnya. Rakuten bukan pengecer tetapi agen yang membantu para produsen menjual produk ke konsumen melalui e-Commerce. Rakuten terdapat di seluruh dunia, seperti Los angeles, Eropa dan kantor pusatnya di Tokyo. Kantor-kantor ini berhubungan lewat konfrensi video.

Perusahaan ini memiliki acara-acara non-formal yang digunakan untuk mendekatkan pihak manajemen dengan para karyawannya. Misalnya dengan mengadakan acara pesta ulang tahun setiap bulan dan makan-makan di hari tertentu.  Para karyawan pun mengikuti pelatihan skala internasiol yaitu pergi ke Jepang dengan skala global. 

Rakuten.co.id lebih banyak menginvestasikan uang dalam jumlah besar ke dalam system canggih yang dikenal dengan nama Global E-commerce Platform sehingga menunjang operasional perusahaan yang berbasis internet ini.

Profil Perusahaan Rakuten.co.id


Produk dan Layanan

PT. Rakuten Belanja Online menyediakan produk dan layanan yang terbagi dalam 2 kategori yakni :
  • Penjualan langsung ke customer
Rakuten menyediakan produk-produk yang dijual ke customer langsung dengan metode penjualan secara online melalui websitenya. Kategori produk yang dijual antara lain :
    1. Gadget/Handphone & Aksesoris
    2. Komputer & Aksesoris
    3. Kamera & Aksesoris
    4. Perlengkapan Audio Visual
    5. Elektronik & Perlengkapan Rumah Tangga
    6. Fashion Wanita
    7. Fashion Pria
    8. Tas & Fashion aksesoris
    9. Jam & Perhiasan
    10. Perlengkapan Anak & Ibu Hamil
    11. Kecantikan & Kosmetik
    12. Makanan & Minuman
    13. Tempat Tinggal & Interior
    14. Alat Tulis & Keperluan Kantor
    15. Bunga & Perlengkapan Berkebun
    16. Mainan/Game/Hobi & Koleksi
    17. Musik & Film
    18. Buku & Majalah
    19. Mobil & Aksesoris
    20. Motor & Aksesoris
    21. Olahraga & Hiburan
    22. Diet & Kesehatan
    23. Keperluan Binatang Peliharaan
    24. Jasa
  • Memberikan layanan buka toko bagi pedagang
Rakuten memungkinkan para pedagang eceran untuk membuka toko pada rakuten.co.id dengan tampilan toko yang menarik dan sistem yang mudah. Selain itu para pemilik toko juga mendapat bantuan langsung dari Rakuten berupa strategi penjualan yang dibantu oleh staf profesional Rakuten.

Teknik Pemasaran

Untuk menarik minat pengunjungnya, Rakuten menawarkan beberapa fitur unggulannya seperti : 
  • Cashback, jika kita membeli produk yang ada di Rakuten, kita akan mendapatkan cashback atau uang kembali, cashback ini memiliki potongan uang cukup besar, sehingga menyenangkan pelanggannya.  
  • Super point, setiap kita belanja, kita akan mendapat super point 1% dari harga produk. dan banyak lagi diskon - diskon yang sangat menguntungkan. 
  • Daily time Sale, yaitu nama event promosi yang diselenggarakan oleh pihak Rakuten. 
  • Daily Time Sale, merupakan pemberian diskon terhadap produk - produk tertentu setiap harinya. 
  • Weekend Time Sale, merupakan diskon akhir pekan yang diadakan pada hari tertentu, biasanya Sabtu, minggu dan Senin. 
  • Weekly Best Deal, diskon pada suatu produk yang berdurasi satu minggu.

Analisis SWOT

  • Strengths (Kekuatan) : 
    1. Kekuatan pada rakuten.co.id adalah kelengkapan segala kebutuhan yang dibutuhkan oleh tiap orang. Mulai dari kebutuhan primer sampai kebutuhan tersier yang tidak memandang kalangan manapun. Kemudahan dalam mengakses situs, pembelian, pembayaran, dan jelasnya pengiriman barang membuat rakuten menjadi saingan yang berat bagi perusahaan online yang lain.
    2. Dengan adanya penggolongan kategori produk yang dibutuhkan oleh konsumen membuat orang awam yang jarang menggunakan internet menjadi mudah menggunakannya.
    3. Memiliki desain dan nama yang menarik agar mudah diingat oleh orang-orang.
  • Weaknesses (Kelemahan) :
    1. Terlalu banyak iklan yang terdapat dalam situs itu Sehingga membuat pelanggan bingung akan memilih suatu produk.
    2. Pembayaran menggunakan kartu kredit yang sedikit peminatnya, karena di Indonesia tidak banyak orang yang mempunyai kartu kredit.
  • Opportunities (Peluang) :
    1. Dapat menembus pasar global
    2. Bisa mengalahkan Bisnis offline
  • Threats (Ancaman) :
    1. Banyak situs online yang menjual barang yang sama
    2. Kebijakan pemerintah Indonesia yang berubah-ubah menjadi ancaman dalam pengaturan strategi

0 komentar:

Posting Komentar