Minggu, 08 Maret 2015

Pada postingan kali ini, kita akan membahas mengenai hubungan e-Bussines dengan e-Commerce, e-Government dan e-Learning. Mungkin diantara kalian masih belum mengenal apa sih hubungan dari istilah-istilah di atas. Oleh sebab itu maka kali ini kita akan membahasnya.

Sebelum mengenal hubungan masing-masing ada baiknya kita memulainya dengan definisi e-Business itu sendiri. Menurut (Steven Alter. Information System: Foundation of E-Business. Prentice Hall. 2002). e-Business adalah praktek pelaksanaan dan pengelolaan proses bisnis utama seperti perancangan produk, pengolaan pasokan bahan baku, manufaktur, penjualan, pemenuhan pesanan, dan penyediaan servis melalui penggunaan teknologi komunikasi, komputer, dan data yang telah terkomputerisasi.

Nah sekaranga mengetahui hubungannya, kita dapat memperolehnya dengan cara memfilter istilah-istilah tersebut dengan menggunakan definisi e-Business yang telah ditetapkan sebelumnya. Oleh sebab itu definisi dari istilah-istilah tersebut perlu diketahui terlebih dahulu, kemudian melihat kesesuaian antara definisinya dengan definisi e-Business. Maka dari situh kita dapat melihat hubungan diantara keduanya.
  • e-Government
e-Government adalah penggunaan teknologi informasi oleh pemerintah untuk memberikan informasi dan pelayanan bagi warganya, urusan bisnis, serta hal-hal lain yang berkenaan dengan pemerintahan. Model penyampaian dibagi sebagai berikut:
  1. Government-to-Citizen atau Government-to-Customer (G2C), 
  2. Government-to-Employees (G2E)
  3. Government-to-Business (G2B), serta
  4. Government-to-Government (G2G). 

Kesimpulan : e-Government adalah e-Business yang dilakukan oleh pemerintah untuk menjalankan proses bisnisnya, yaitu pemerintahan dan layanan masyarakat.
  • e-Commerce
e-Commerce adalah penyebaran, pembelian, penjualan, pemasaran barang dan jasa melalui sistem elektronik seperti internet atau televisi, www, atau jaringan komputer lainnya. E-commerce dapat melibatkan transfer dana elektronik, pertukaran data elektronik, sistem manajemen inventori otomatis, dan sistem pengumpulan data otomatis.

Kesimpulan : e-Commerce adalah bagian dari e-Business karena adanya penggunaan teknologi informasi berupa internet dan jaringan komputer lainnya untuk menjalankan proses bisnis utama beruapa pembelian dan penjualan.
  • e-Learning
e-learning adalah sebuah bentuk teknologi informasi yang diterapkan di bidang pendidikan dalam bentuk sekolah maya.

Kesimpulan : e-Learning dapat menjadi bagian dari e-Business jika pembelajaran menjadi salah satu proses bisnis utama dari organisasi. Misalnya, perusahaan yang menyediakan e-Learning bagi pembelajaran karyawan pada intranetnya. Contoh yang lain, Cisco Systems yang membuka kelas online.

Mungkin itu saja yang bisa saya bahas. Kurang lebihnya mohon dimaklumi karena saya sendiri masih dalam proses belajar. :)

0 komentar:

Posting Komentar